VISI MISI DAN TUJUAN
Visi
Pengertian visi diartikan sebagai gambaran spesifik tentang apa yang ingin dicapai dan misi adalah bagaimana visi itu diwujudkan, kemudian berdasarkan visi dan misi tersebut kemudian dirumuskan tujuan serta sasaran-sasaran yang akan dicapai beserta indikator-indikatornya. Visi Kabupaten Tapanuli Selatan 2016-2021 adalah: "Terwujudnya perencanaan pembangunan daerah yang sistematis, partisipatif, komprehensif dan berkesinambungan"
Misi
Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan Bappeda Tapanuli Selatan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat. Misi diartikan sebagai tujuan, latar belakang dan alasan mengapa perusahaan, oragnisasi atau lembaga itu dibuat. Misi dibuat untuk memberikan arah sekaligus batasan-batasan dalam proses pencapaian tujuan.
1.Meningkatkan kualitas pengendalian perencanaan pembangunan daerah
2.Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengembangan daerah
3.Meningkatkan kapasitas dan kualitas perencanaan pembangunan daerah
Tujuan
adalah penjabaran visi dan misi, dan merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi/perusahaan. Tujuan usaha berupa target yang bersifat kuantitatif dan merupakan pencapaian ukuran keberhasilan kinerja Bappeda Tapanuli Selatan.
1.Terkendalinya pemanfaatan ruang dalam perencanaan pembangunan daerah
2.Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian dan pengembangan daerah
3.Meningkatnya kapasitas dan kualitas perencanaan pembangunan daerah