BIDANG BAPPEDA
1. Sekretariat
Sekretariat Memnpunyai tugas untuk memberikan pelayanan administratif dan teknis yang meliputi perencanaan. keuangan, kepegawaian, urusan tata usaha, perlengkapan, rumah tangga, evaluasi dan pelaporan dan fungsi Bappeda di jabarkan sebagai berikut.
1.Pengelolaan dan pelayanan administrasi umum/urusan tata usaha."
2.Koordinasi penyusunan perencanaan.
3.Pengelolaan Administrasi Keuangan.
4.Pengelolaan Administrasi Kepegawaian.
5.Pengelolaan Administrasi Perlengkapan.
6.Pengelolaan urusan rumah tangga, hubungan ,masyarakat dan protokol.
7.Koordinasi tugas-tugas bidang.
8.Pelaksanaan monitoring dan evaluasi organisasi dan tatalaksana.
9.Koordinator penyusunan laporan kinerja dan pertanggung jawaban pelaksanaan pengendalian evaluasi, dan pelapooran program dan kegiatan lingkup badan.
10.Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala Badan sesuai dengan bidang dan fungsinya.
2. Bidang Sumberdaya Manusia Dan Sosial Budaya
Mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dalam penyusunan dokumen RPJPD, RPJMD, RKPD, Rencana Strategis dan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kesehatan, Kesatuan bangsa dan Politik, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ketenaga Kerjaan, Kepegawaian, Sekretaris Daerah, Perpustakaan dan Kearsipan, Sekretariat Dewan, Perencanaan Pembangunan dan Inspektorat. adapun fungsi dari Bidang Sumberdaya Manusia Dan Sosial Budaya adalah :
1.Mengkoordinasikan penyususnan dokumen perencanaan pembangunan daerah (RPKPD, RPJMD dan RKPD) Organisasi Perangkat Daerah Sebagaima tersebut diatas
2.Mengkoordinasikan penyusunan Renstra Perangkat Daerah dan Rencana Kerja Perangkat Daerah.
3.Mengkoordinasikan sinergitas dan harmonisasi RTRW dan RPJMD dengan kegiatan Perangkat Daerah.
4.Mengkoordinasikan dukungan Pelaksanaan Kegiatan Pusat untuk Prioritas Nasional dan Provinsi.
5.Mengkoordinasikan Pelaksanaan Kesepakatan Bersama Kerjasama Antar Daerah.
6.Mengkoordinasikan Teknik Perencanaan kepada Pemerintah atasan.
7.Mengkoordinasikan Pembinaan Teknis Perencanaan kepada Perangkat Daerah.
8.Melaksanakan koordinasi antar seksi lingkup bidang.
9.Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.
10.Melaksanaan pembinaan dan evaluasi kepada staf pada seksinya.
11.Meyampaikan laporan dan pertanggungjawabkan atas pelaksanaan tugas kepada atasannya.
12.melaksanakan administrasi dinas di bidang Sumber Daya Manusia dan Sosial Budaya; dan.
13.memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan tugas seksinya..
3. Bidang Sumber Daya Alam Insfrastruktur dan Kewilayahan
mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan dokumen RPJPD, RPJMD, RKPD, Rencana Startegis dan Rencana Kerja Perangkat Daerah Perdagangan dan Koperasi UKM, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perindustrian, Perhubungan, Keuangan, Penanaman Modal, Parawisata,Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kominfo, Pertanian, Ketahanan Pangan, Perikanan, Lingkungan Hidup, Penanggulangan Bencana dn Kecamatan. fungsi sebgai berikut :
1.Pengkoordinasian penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah (RPJPD, RPJMD dan RKPD) Perangkat Daerah
2.Pengkoordinasian penyusunan Renstra Perangkat Daerah dan Rencana Kerja Perangkat Daerah.
3.Pelaksanaan koordinasi dalam penyusunan dan evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
4.Pengkoordinasian sinergitas dan harmonisasi Kegiatan Perangkat Daerah lingkup Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam Infrastruktur dan Kewilayahan
5.Pengkoordinasian pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan Kementrian/Lembaga i Provinsi dan Kabupaten lingkup Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam Infrastruktur dan Kewilayahan.
6.Pengkoordinasian dukungan Pelaksanaan kegaitan kepada Pemerintah atasan.
7.Pengkoordinasian Pelaksanaan Kesepakatan Bersama Kerjasama Antar Daerah lingkup Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam Infrastruktur dan Kewilayahan.
8.Pengkoordinasian Teknis Perencanaan kepada Pemerintah atasan.
9.Pengkoordinasian Pembinaan Teknis Perencanaan kepada Perangkat Daerah.
10.Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan penyusuanan dokumen perencanaan pembangunan daerah oleh Perangkat Daerah.
11.Pengkoordinasian antar bidang di lingkup badan.
12.Menyelanggarakan pembinaan dan evaluasi kepada kepala seksi dan staf di bidangnya.
13.Penyampaian laporan dan pertangunggjawaban atas pelaksanaan tugas kepada Kepala Badan melalui Sekretari Badan.
14.Pelaksanaan administrasi dinas di bidang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah.
15.Penyampian sara dan pertimbangan kepada Kepala Badan melalui Sekretaris Badan sesuai tugas Bidangnya.
4. Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah
Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah mempunyai tugas melaksanakan perumusan kebijakan penyusunan perencanaan, pengendalian, dan koordinasi evalasi dan pelaporan pembangunan daerah/ RPJPD, RPJMD dan RKPD Kabupaten. adampun fungsi dari bidang ini adalah sebagai berikut
1.Pengkoordinasikan pengumpul data, analisa dan informasi pembangunan untuk perencanaan pembangunan daerah
2.Pengkoordinasikan pelaksanaan analisa dan pengkajian perencanaan dan pendanaan pemabngunan daerah.
3.Pengkoordinasikan analisa dan pengkajian kewilayahan.
4.Pengkoordinasikan perumusan kebijakan penyusunan, perencanaan, pengendalian, evaluasi dan informasi pembangunan daerah.
5.pengkoordinasikan pelaksanaan Musrenbang RPJPD, RPJMD dan RKPD Kabupaten.
6.pengkoordinasikan dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan perencanaan dan penganggaran di daerah (KUA-PPAS).
7.pelaksanaan evaluasi terhadap kebijakan perencanaan pembangunan daerah, dan pelaksanaan rencana pembangunan serta hasil rencana pembangunan daerah.
8.pelaksanaan pengendalian melalui pemantauan, supervisi dan tindak lajut penyimpangan terhadap pencapaian tujuan agar program dan kegiatan sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah.
9.pengintegrasian dan harmonisasi program-program pembangunan di daerah.
10.pelaksanaan evaluasi atas laporan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan daerah.
11.pengkajian dan pengamanan data informasi pembangunan daerah sebagai bahan dokumentasi.
12.pengindentifikasian permasalahan pembangunan daerah berdasarkan data untuk mengetahui perkembangan pembangunan tahun berikutnya.
13.pelaksanaan koordinasi antar bidang lingkup badan.
14.pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
15.penyelenggaraan pembinaan dan evaluasi kepada Kepala seksi dan staf dibidangnya.
16.penyampaian laporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas kepada Kepala Badan melalui Sekretasi Badan.
17.pelaksanaan administrasi dinas di bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah.
18.peyampaian saran dan pertimbangan kepada Kepala Badan melalui Sekretaris Badan sesuai tugas Bidangnya.
5. Bidang Penelitian dan Pengembangan
Bidang Penelitan dan Pengambangan mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah fungsi dari bidang ini adalah sebagai berikut
1.Pengkoordinasian penyusunan program dan kegiatan penelitian, pengembangan dan inovasi daerah.
2.penyusunan kebijakan teknis dalam pelaksanaan penelitian, pengembangan dan inovasi daerah.
3.penyusunan perencanaan program dan anggaran penelitian, pengembangan dan inovasi daerah.
4.pelaksanaan koordinasi dan fasilitas dalam pelaksanaan penelitian, pengambangan dan inovasi daerah.
5.pelaksanaan pemantuan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan, penelitian dan inovasi daerah.
6.penyusunan dan penyampian laporan atas hasil penelitian, pengembangan dan inovasi daerah.
7.penyusunan dan penyampaian hasil pelaksanaan tugas secara berkala sebagai bahan evaluasi.
8.pelaksanaan administrasi kedinasan bidang penelitian dan pengembangan.
9.pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dab fungsinya.
10.melaksanakan koordinasi antar bidang lingkup Badan.
11.penyelenggaraan pembinaan dan evaluasi kepada Kepala Seksi dan Staf.
12.penyampaian laporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas kepada atasannya.
13.penyampaian saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan tugas bidang.